Senin, 07 Oktober 2013

RUANG LINGKUP TENAGA KESEHATAN DALAM PROSPEK DUNIA


TUGAS KELOMPOK BAHASA INGGRIS
“RUANG LINGKUP TENAGA KESEHATAN DALAM PROSPEK DUNIA ”



NAMA KELOMPOK 1:
·        ANISA
·        RATNA PUSPITA
·        PUTRI ANISYAH
·        SUSI FEBRINA
GURU PEMBIMBING:
Ibu Waspiah, Amd
SMK KESEHATAN LOGOS
Jl. Raya Bojonggede No.53 Pabuaran Bogor
Telp/Fax : 021 - 87986655




KATA PENGANTAR


    Puji syukur kami panjatkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, atas petunjuk dan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Tugas B.Inggris ini untuk penambahan ilmu pengetahuan di kelas XII. Tugas ini hadir untuk memenuhi keperluan nilai dan penambahan sebagai salah satu sumber/media pembelajaran dalam meningkatkan sumber daya manusia peserta didik.
       Tugas ini berisi tentang apa itu English For Nurse, tujuan, manfaat dan lain sebagainya yang akan kami ulas di pembahasan materi. Di Tugas ini, kami sebagai penyusun tugas B.Inggris sangat berterimakasih kepada Ibu guru, karena telah memberi ilmu pengetahuan kepada kami tentang ilmu pelajaran yang dibeikan kepada kami selama ini.
       Kami menyadari banyaknya kekurangan dalam mengerjakan tugas ini, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati, guna penyempurnaan tugas-tugas berikutnya.







12 November 2012
                                                                    
                                             Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................. 2
DAFTAR ISI.................................................................................................  3
1.     BAB I
PENDAHULUAN..................................................................................  4
1.1              LATAR BELAKANG
1.2              RUMUSAN MASALAH
1.3              TUJUAN PENULISAN
1.4              SISTEMATIKA PENULISAN
2.     BAB II
PEMBAHASAN TEORI...................................................................... 6

2.2              PENGERTIAN ENGLISH FOR NURSE
2.3              PEMAHAMAN DASAR ANATOMI TUBUH
2.4              MACAM-MACAM RESPON ANTARA TENAGA MEDIS
DAN PASIEN
2.5              CONTOH PERCAKAPAN ANTARA TENAGA MEDIS
DENGAN PASIEN
2.6              MANFAAT DAN KEUNTUNGAN ENGLISH FOR NURSE
2.7              KOMPETENSI YANG HARUS DICAPAI PERAWAT
AGAR DAPAT BEKERJA DILUAR NEGERI
BAB III
3.   PENUTUP........................................................................................... 11
4.1        KESIMPULAN
4.2        SARAN-SARAN
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pengaturan perawatan di seluruh dunia sangat cepat, kerja yang kompleks dan sering kacau dilingkungan. Personil keperawatan diharuskan untuk berkomunikasi dengan berbagai jenis orang-orang di berbagai topik. Mereka berfungsi sebagai penghubung antara pasien, dokter, anggota keluarga, dan staf lainnya. Perawat harus ingat informasi medis dan organize bekerja untuk sesuai dalam batasan waktu sementara multi-tasking. Ada banyak gangguan dan tak terduga interupsi dan keadaan darurat. Ini bisa menjadi sibuk, berisik, menuntut, dan frustasi. Pasien dan pengunjung sering takut dan di bawah tekanan yang luar biasa. Rumah sakit lingkungan yang kaya dan kompleks, dan layak studi dan analisis sebagai etnografi pidato masyarakat. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi antara orang awam dan rumah sakit. Staf, seperti pasien yang kurang tidur atau menerima obat narkotika. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses komunikasi, seperti kesehatan fisik klien dan kesejahteraan emosional, indra terlibat dan mereka fungsional kemampuan (seperti pendengaran), dan gangguan di rumah sakit bising dan sibuk lingkungan. Dari latar belakang pasien, budaya, sosial, dan filosofis-values, tingkat pendidikan, serta pengalaman masa lalu yang berkaitan dengan situasi saat ini akan memberikan efek pada saat ini. (Giger & Davidhizar, 2004, hal. 24).
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan English for Nurse.
2.      Apa manfaat dan Tujuannya.
3.      Apa keuntungan English for Nurse.

C.    TUJUAN PENULISAN
1.      Siswa dapat memahami tentang apa itu English for Nurse
2.      Siswa diharapkan dapat mempelajari English for Nurse
3.      Siswa dapat mengetahui bagaimana proses-proses untuk English for Nurse
4.      Agar diharapkan menjadi acuan dasar bagi siswa dalam bidang keperawatan

D.    SISTEMATIKA PENULISAN
English for Nurse perawat terdiri dari beberapa bab yang memperkenalkan bahan pelajaran untuk fondasi dasar dalam bahasa inggris pada keperawatan.
Bab Pertama akan memperkenalkan topik dan menguraikan tujuan, ruang lingkup, signifikansi, keterbatasan, dan beberapa definisi istilah. Proyek ini dimulai sebagai upaya untuk mengisi kekosongan kurangnya bahan khusus untuk keperawatan dengan menggabungkan kedua bidang studi. Salah satu tujuannya adalah untuk memulai dialog tentang topik dan untuk mendorong orang lain di lapangan untuk mengembangkan bahan. Proyek ini terbatas pada pra-liminaris dan umum gambaran tentang subjek ini.
Bab kedua terdiri dari tinjauan literatur yang relevan. Yaitu, pengerrtian dari english for nurse, pemahaman dasar anatomi tubuh manusia, dan aspek budaya yang berhubungan dengan situasi perawatan pasien. Konten berbasis bahasa instruksi dan motivasi pelajar adalah dua kunci unsur bagian dalam bahasa. Sifat kompleks budaya dan bagaimana dampak respon seseorang yang sakit dan rawat inap seperti non-verbal, privasi komunikasi, dan konsep kesehatan dan penyakit.
Bab ketiga berisi ringkasan, kesimpulan, rekomendasi, dan merujuk. Saran untuk pengembangan lebih lanjut dari bahan yang ditawarkan kepada instruktur dan siswa.












BAB II
PEMBAHASAN TEORI

1.      PENGERTIAN
English for Nurse atau bahasa inggris untuk perawat adalah sebuah bahasa atau kosakata umum yang wajib digunakan perawat untuk berbicara pada pasien yang menggunakan bahasa yang mendunia itu. Bahasa inggris menjadi bahasa wajib yang digunakan hampir diseluruh negara. Tidak terkecuali untuk perawat dan tenaga medis yang lain. Jika seorang perawat atau tenaga medis memutuskan untuk bekerja diluar negeri, maka bahasa inilah yang wajib dikuasainya.
Pasien datang dalam segala bentuk dan ukuran yang berbeda. Mereka juga berbicara berbagai bahasa. Apakah Anda bekerja di luar negeri atau di rumah, akan datang suatu saat ketika Anda akan perlu mengandalkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Halaman ini dapat membantu perawat, dokter, apoteker, paramedis, resepsionis, spesialis atau bahkan orang-orang sukarelawan yang.
Mereka akan membantu Anda mempelajari beberapa ekspresi bahasa Inggris dasar dan kosa kata terkait dengan bidang medis. Dengan mempelajari dan mempraktekkan Medis bahasa Inggris, Anda akan dapat membuat pasien anda merasa lebih nyaman, dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan mereka. Anda juga akan belajar bagaimana berbicara dengan orang yang mereka cintai dan berkomunikasi dengan staf medis lain yang berbahasa Inggris. Lakukan latihan dan mengambil kuis untuk menguji pengetahuan dan pemahaman anda.

2.      PEMAHAMAN DASAR ANATOMI TUBUH

a.       Tubuh Manusia
             Salah satu hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika bekerja dalam bahasa Inggris adalah bagian tubuh. Anda harus mempelajari nama-nama internal (di dalam kulit) dan bagian tubuh eksternal. Anda juga akan perlu untuk mempelajari kata-kata untuk fungsi dari masing-masing bagian tubuh. Berikut adalah dasar-dasar untuk Anda mulai.

b.      Kepala
             Di dalam kepala otak, yang bertanggung jawab untuk berpikir. Bagian atas kepala seseorang ditutupi dengan rambut. Di bawah garis rambut di bagian depan wajah adalah dahi. Di bawah dahi adalah mata untuk melihat, hidung untuk mencium, dan mulut untuk makan. Di bagian luar mulut adalah bibir, dan di bagian dalam mulut adalah gigi untuk menggigit dan lidah untuk mencicipi. Makanan tertelan ke dalam tenggorokan. Pada sisi wajah adalah pipi dan pada sisi kepala adalah telinga untuk pendengaran. Di bagian bawah wajah seseorang adalah dagu. rahang ini terletak di bagian dalam pipi dan dagu. Leher adalah apa yang menempel kepala ke tubuh bagian atas.
c.       Upper Body
             Di bagian atas dan depan tubuh bagian atas, tepat di bawah leher adalah tulang leher. Pada sisi depan tubuh bagian atas dada, yang pada wanita termasuk payudara. Bayi mengisap di puting payudara ibu mereka. Di bawah tulang rusuk adalah perut dan pinggang. pusar tersebut, lebih sering disebut sebagai pusar, terletak di sini juga. Di bagian dalam tubuh bagian atas adalah jantung untuk memompa darah dan paru-paru untuk bernapas. Sisi belakang tubuh bagian atas disebut bagian belakang, di dalam tulang belakang yang menghubungkan tubuh bagian atas untuk tubuh bagian bawah.
d.      Upper Limbs (senjata)
               Lengan yang melekat pada bahu. Di bawah daerah ini disebut ketiak atau ketiak. Lengan atas memiliki otot-otot yang dikenal sebagai trisep dan bisep. Bersama separuh lengan bawah disebut siku. Antara siku dan sendi berikutnya, pergelangan tangan, adalah lengan bawah. Berikut pergelangan tangan adalah tangan dengan empat jari dan satu ibu jari. Selain jempol adalah jari telunjuk. Selain jari telunjuk adalah jari tengah, diikuti dengan jari manis dan kelingking. Pada ujung jari-jari kuku.
e.        Tubuh rendah
              Di bawah pinggang, di sebelah kiri dan kanan, adalah pinggul. Antara pinggul adalah organ reproduksi, penis (pria) atau vagina (perempuan). Pada bagian belakang tubuh bagian bawah adalah pantat untuk duduk di. Mereka juga sering disebut sebagai bagian belakang atau bum (terutama dengan anak-anak). Organ internal di bagian bawah tubuh termasuk usus untuk mencerna makanan, kandung kemih untuk memegang limbah cair, serta hati dan ginjal. Area ini juga berisi rahim wanita, yang memegang bayi ketika seorang wanita hamil.
f.       Lower Limbs (kaki)
           Bagian atas kaki disebut paha, dan sendi di tengah kaki adalah lutut. Bagian depan kaki bawah adalah tulang kering dan bagian belakang kaki bawah betis. Pergelangan kaki menghubungkan kaki ke kaki. Setiap kaki memiliki lima jari kaki. Kaki terkecil sering disebut jari kelingking kaki sementara yang besar disebut jempol kaki. Pada ujung jari-jari kaki kuku kaki.
3.      MACAM-MACAM RESPON ANTARA TENAGA MEDIS DAN PASIEN
TENAGA MEDIS:
• Hasil tes Anda telah masuk
• Saya takut prognosis tidak baik.
• Anda memiliki jalan panjang untuk pemulihan.
• Kami memiliki beberapa pilihan untuk membahas.
• Tes darah kembali negatif.
• Transfusi ini sukses.
• Tampaknya Anda sudah siap untuk pulang.
• Saya ingin tetap di sini malam.
• Kita akan tahu lebih dalam beberapa hari.
• Anda tidak di jelas belum.
• Kami telah dikesampingkan diabetes.
• Saya berharap untuk sampai ke bawah ini segera.

PASIEN:
• Saya tidak mengerti apa artinya ini.
• Apakah saya akan membutuhkan operasi?
• Apakah kabar baik atau buruk?
• Kapan hasil tes masuk?
• Berapa lama saya harus tinggal di rumah sakit?
• Apakah tingkat keberhasilan?
• Apakah mereka akan menjalankan tes lagi?
• Apakah ini masalah umum untuk orang seusia saya?
• Saya ingin membahas pilihan lain.
• Aku akan mendapatkan pendapat kedua.
4.      CONTOH PERCAKAPAN ANTARA TENAGA MEDIS DENGAN PASIEN
Dokter : Jessica Hi. Bagaimana perasaan kamu hari ini?
Pasien : Sedikit lebih baik.
Dokter : Itu bagus untuk mendengar. Apakah Anda masih merasa mual?
Pasien : Tidak, saya tidak merasa sakit perut saya sejak Anda beralih obat   saya.
Dokter :Great. Katakanlah, hasil tes Anda datang di pagi ini.
Pasien : Sudah waktunya. Apakah kabar baik atau buruk?
Dokter : Saya rasa itu sedikit dari keduanya. Mana yang Anda inginkan terlebih dahulu?
Pasien : Mari kita mendapatkan berita buruk berakhir.
Dokter : Oke. Sepertinya Anda akan memerlukan pembedahan untuk mengangkat tumor dari kaki Anda. Setelah operasi Anda akan harus tinggal dari kaki Anda selama minimal tiga minggu. Itu berarti tidak ada sepak bola.
Pasien : Aku takut kau akan mengatakan itu.
Dokter : Sekarang untuk berita baik. biopsi menunjukkan bahwa tumor jinak, yang berarti bukan kanker. Kami akan membawanya keluar toh hanya untuk berada di sisi yang aman.
Pasien : Wow, itu adalah beban pikiran saya. Terima kasih Dokter.
Dokter : Jangan terlalu bersemangat. Kita masih perlu untuk sampai ke bawah semua ini penurunan berat badan.
Pasien : saya mungkin saja begitu khawatir tentang hal ini benjolan bodoh.
Dokter : Hal-hal ini sering adalah stres terkait, tapi kami masih akan melakukan beberapa tes darah hanya untuk aturan beberapa hal keluar.
Pasien : Hal-hal seperti apa? Kanker?
Dokter : Sebenarnya, aku berpikir lebih banyak sepanjang garis alergi makanan.

5.      MANFAAT DAN KEUNTUNGAN DARI ENGLISH FOR NURS
·         Meningkatkan karir secara cepat
·         Menjadi translator antara tenaga medis dan pasien
·         Memperdalam pengetahuan dalam dunia kesehatan diluar negeri
·         Lebih terampil dibanding dengan tenaga medis yang belum menguasai bahasa inggris.

6.      KOMPETENSI YANG HARUS DICAPAI PERAWAT AGAR DAPAT BEKERJA DILUAR NEGERI
Kompetensi utama yang harus dimiliki oleh perawat Indonesia sesuai dengan konsep pendidikan adalah bisa memberikan asuhan keperawatan dan pelayanan keperawatan yang komprehensif dalam pelayanan kesehatan, hal ini akan diukur dan dievaluasi dengan NCLEX/CGFNS untuk USA atau tes kemampuan klinik yang ditetapkan oleh Nursing Council pada masing-masing Negara yang ditunjuk untuk melakukan test, misalnya untuk Amerika Serikat menunjuk Filipina atau Hongkong untuk melakukan Test, sedangkan Australia, Canada, atau Inggris dll lebih banyak melakukan tes dinegaranya. Ujian English language training for TOEFL/IELTS dilakukan dinegara peserta.














BAB III
PENUTUP
1.      KESIMPULAN
English for Nurse atau bahasa inggris untuk perawat adalah sebuah bahasa atau kosakata umum yang wajib digunakan perawat untuk berbicara pada pasien yang menggunakan bahasa yang mendunia itu. Bahasa inggris menjadi bahasa wajib yang digunakan hampir diseluruh negara. Tidak terkecuali untuk perawat dan tenaga medis yang lain. Jika seorang perawat atau tenaga medis memutuskan untuk bekerja diluar negeri, maka bahasa inilah yang wajib dikuasainya.
Manfaat dari belajar bahasa inggris bagi perawat adalah:
·         Meningkatkan karir secara cepat
·         Menjadi translator antara tenaga medis dan pasien
·         Memperdalam pengetahuan dalam dunia kesehatan diluar negeri
·         Lebih terampil dibanding dengan tenaga medis yang belum menguasai bahasa inggris.

2.      SARAN-SARAN
a)      Bagi Perawat:
-          Lebih meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas terhadap kemampuan dalam berbahasa inggris.
b)      Bagi Siswa:
-          Belajar dan kuasailah bahasa inggris sejak dini untuk karirmu dimasa depan.
-          Pelajari kembali bahasa inggris yang belum bisa kamu kuasai.
c)      Bagi Sekolah:
-          Tingkatkanlah bahasa inggris untuk menyiapkan peserta didik yang kompeten.
-          Menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa indonesia.






DAFTAR PUSTAKA


Nirali Prakhasan, 2007, English for Nurses

THE BOOK OF PRACTICAL ENGLISH CONVERSATION for Nurse, Midwife and Medical Professionals PART,
 PT Grafindo Media Pratama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar