TUGAS KELOMPOK – PENGANTAR KOMPUTER
& TI 1C
PENGARUH APLIKASI KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
PENGARUH APLIKASI KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
DISUSUN OLEH:
RIKA HAYATUN NUFUS
SUSI FEBRINA
VANNY DWI JULIANTY
SUSI FEBRINA
VANNY DWI JULIANTY
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI, AKUNTANSI
JALAN MARGONDA RAYA NO. 100, DEPOK
TAHUN 2013
FAKULTAS EKONOMI, AKUNTANSI
JALAN MARGONDA RAYA NO. 100, DEPOK
TAHUN 2013
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayahnya
sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kelompok ini. Tujuan dibuatnya tugas
kelompok ini adalah untuk memahami pelajaran Pengantar Komputer & TI 1C.
Kami berharap dengan diselesaikannya makalah ini, kami dapat mengetahui lebih
dalam mengenai mata kuliah Pengantar Komputer & TI 1C, dari pengertian
hingga cakupan-cakupannya.
Tugas kelompok tentang
pengaruh aplikasi komputer dalam lingkungan masyarakat ini, kami buat berdasarkan referensi dari
para ahli, sehingga tugas ini benar-benar dapat dibuktikan.
Pada kesempatan ini,
kami berkenan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Orang
tua kami yang telah memberikan semangat dan doa kepada kami dalam menjalani
pendidikan di Universitas Gunadarma.
2. Ibu
Astie atas kepercayaanya telah memberikan tugas kepada kami.
3. Dan
semua instansi yang terkait di Universitas Gunadarma yang telah membantu kami
hingga terlaksanannya tugas kelompok ini.
Depok, Oktober 2013
Penyusun
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
Daftar
Isi . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
BAB
I. PENDAHULUAN
Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
Tujuan Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
Metode Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
Sistematika Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
Tujuan Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
Metode Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
Sistematika Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
BAB
II. PEMBAHASAN
Pengertian
Aplikasi Komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
Pengaruh
aplikasi komputer pada masyarakat . . . . . . . . . . . .
. . . . . 3
Manfaat
aplikasi komputer di masyarakat . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 4
Dampak
positif dan negatif aplikasi komputer . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . 5
BAB
III. PENUTUP
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6
Saran .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6
Daftar
Pustaka .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Penggunaan teknologi berkembang dengan
cepat, sejak PC (tahun 70-an) dalam segala bidang kehidupan (seperti,
pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat
pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah
kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi, terbentuk.
Dengan demikian, perkembangan teknologi
tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapat membantu
manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan
manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sebelum sistem dirancang, maka terdapat
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu
sendiri mengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai
makhluk individu dan sosial.
Dalam bahasan kali ini akan dibahas
tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia serta hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam merancang interaksi (antarmuka) terhadap sistem. Interaksi
manusia-komputer memiliki fokus perhatian yang lebih luas. Selain berfokus pada
rancangan antarmuka, juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan
interaksi manusia dan komputer.
A.
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan dari tugas ini adalah:
1.
Menginformasikan
kepada pembaca tentang pengaruh aplikasi komputer dalam kehidupan masyarakat.
2.
Macam-macam
aplikasi komputer.
3. Menjelaskan dampak positif dan negatif dari aplikasi
komputer.
B.
METODE PENULISAN
Untuk memperkuat landasan teori, dalam pembuatan makalah ini, kami menggunakan
metode penulisan study literatur atau penulisan dengan mencari informasi yang sesuai dengan makalah ini.
C.
SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk
memperoleh gambaran yang jelas tentang penyusunan makalah, maka disusunlah Sistematika Penulisan yang
terdiri dari 3 bab yaitu:
A.
Bab
I, berisi tentang PENDAHULUAN yang
terdiri dari :
a.
Latar
belakang
b.
Tujuan
penulisan
c.
Metode
penulisan dan
d.
Sistematika
penulisan.
B.
Bab
II, berisi tentang TINJAUAN TEORI, yang terdiri dari:
a.
Pengertian
aplikasi komputer
b. Pengaruh
aplikasi komputer pada masyarakat
c. Manfaat
aplikasi komputer di masyarakat
d. Dampak
positif dan negatif aplikasi komputer
C.
Bab
III, berisi tentang PENUTUP yang terdiri dari:
a.
Kesimpulan
b.
Saran
BAB II
PEMBAHASAN
Penggunaan teknologi berkembang dengan
cepat, sejak PC (tahun 70-an) dalam segala bidang kehidupan (seperti,
pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat
pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah
kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi, terbentuk.
Dengan demikian, perkembangan teknologi
tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapat membantu
manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan
manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sebelum sistem dirancang, maka terdapat
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu
sendiri mengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai
makhluk individu dan sosial.
Dalam bahasan kali ini akan dibahas
tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia serta hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam merancang interaksi (antarmuka) terhadap sistem. Interaksi
manusia-komputer memiliki fokus perhatian yang lebih luas. Selain berfokus pada
rancangan antarmuka, juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan
interaksi manusia dan komputer.
A.
PENGERTIAN
APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja
to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah. Secara istilah,
aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang
menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang
diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat lunak aplikasiadalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
B.
PENGARUH
APLIKASI KOMPUTER PADA MASYARAKAT
Aplikasi social dari komputer termasuk
menggunakan komputer dalam memecahkan masalah sosial seperti masalah kejahatan.
Dampak social ekonomidari komputer memberikan pengaruh dari masyarakat termasuk
dari penggunakan komputer. Contoh komputerisasi proses produksi memiliki dampak
negatif seperti berkurangnya lahan kerja bagi manusia. Hal ini disebabkan
karena pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh
komputer. Dampak positifnya yaitu konsumen diuntungkan dengan hasil produk yang
berkualitas dan memiliki harga yang lebih murah.
a. Aplikasi
komputer didalam masyarakat:
Komputer memiliki banyak dampak yang
menguntungkan dalam masyarakat ketika digunakan untuk menyelesaikan masalah
kemanusiaan dan social. Aplikasi social yang dapat digunakan dalam komputer
seperti diagnosa kedokteran, CAT, rencana program pemerintahan, kontrol
kualitas dan pelaksanaan undang-undang. Komputer bias digunakan untuk
mengontrol kejahatan melalui bermacam-macam pelaksanaan undang-undang atau
hokum yang mengizinkan penegak hokum untuk mengidentifikasi dan bertindak
cepatuntuk bukti dari kejahatan. Komputer juga digunakan untuk memantau tingkat
polusi udara dan air.
b. Pengaruh
komputer pada pekerjaan dan hasil produksi:
Pengaruh komputer pada pekerjaan dan
halis produksi secara langsung dapat dilihat pada penggunaan komputer untuk
otomatisasi aktif. Tidak ada keraguan bahwa penggunaan komputer telah
menghasilkan pekerjaan baru dan menambah hasil produksi, dsementera itu dilain
pihak mengurai kesempatan kerja yang menyebabkan banyaknya pengangguran. Para
pekerja yang dibutuhkan biasnya harus memiliki keahlian analisis system,
program komputer dan menjalankan komputer.
c. Pengaruh
pada persaingan:
Komputer mengizinkan perusahaan besar
untuk menjadi lebih efisien atau strategi memperoleh keuntungan dari pesaing.
Hal ini bias memiliki beberapa dampakanti persaingan. Bisnis perusahaan kecil
yang bias bertahan dikarenakan ketidak efisienan dari perusahaan besarapakah
sekarang dikendalikan atau diserap oleh perusahaan besar.
d. Pengaruh
pada kualitas hidup
Komputer hanyalah sebagian yang
bertanggung jawab sebagai standar hidup yang tinggi dan pertambahan waktu luang
untuk waktu orang yang santai. Komputer dapat menjadi peningkatan dalam
kualitas hidup karena mereka dapat meningkatkan kondisi kualitas pekerjaan dan
kandungan aktivitas kerja.
e. Pengaruh
pada kebebasan
Informasi rahasia yang dimiliki
seseorang didalam pusat data komputer pemerintah, dan bisnis pribadi
perwakilan. Perusahaan dapat terjadi penyalah gunaan dan ketidak adilan
lainnya. Akibat dari pelanggaran tyerhadap kebebasan.
C. MANFAAT APLIKASI KOMPUTER DI
MASYARAKAT
Tanpa kita sadari, komputer telah
berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang
sedang berkembang di Indonesia. Aplikasi komputer memudahkan kita dalam
menyelesaikan tugas-tugas yang menuntut kita menjadi lebih baik.
Aplikasi komputer pada saat ini banyak
digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti
pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan
rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan.
Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik,
telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai
alat bantu untuk menghitung, tapi seiring perkembangan zaman, komputer mulai di
sempurnakan dengan berbagai aplikasi dan program-program pendukung untuk
membantu pekerjaan di masyarakat. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh
seperti terlihat pada contoh berikut ini :
1. Penyiapan
surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip di kantor.
2. Pembuatan
film dalam bidang animasi dan efek-efek 3D (3dimensi).
3. Pencarian
buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan.
4. Pelayanan
administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
5. Pemesanan
tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
6. Administrasi
negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan,
pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
7. Penggunaan
komputer dalam bidang industri.
8. Pemanfaatan
komputer dalam bidang perbankan.
9. Pemanfaatan
komputer dalam bidang transportasi.
10. Pemanfaatan
komputer dalam bidang pendidikan.
11. Pemanfaatan
komputer dalam bidang komunikasi.
12. Pemanfaatan
komputer dalam bidang teknik dan teknologi.
D.
ASPEK
YANG BERHUBUNGAN DENGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
1. Interaksi
Manusia-Komputer (IMK) pada Perkembangan Teknologi Komputer:
Pertumbuhan teknologi komputer tidak
boleh memiliki pengaruh negatif terhadap nilai dasar manusia (Universitas
Nottingham). Kemajuan antarmuka dan teknik lain dari pengontrolan komputer
(seperti dengan menggunakan joystick dan fingertip) mendukung peran keyboard
dan mouse tradisional.
IMK harus dipastikan bahwa kita
(manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat keputusan. Maka dari itu,
Being Human menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020. Hal ini dilaporkan secara
detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan Microsoft, yang dihadiri
oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia. Pada 2020, kita masih dapat membaca
koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau majalah tersebut akan
didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui layar yang dapat dilipat
dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian kita dapat menunjukkan
diagnosa kesehatan kita.Namun, penting sekali dimana kita harus
mengkombinasikan inovasi dengan pemahaman tentang pengaruhnya terhadap manusia.
Tanpa pengawasan dan penilaian yang benar, maka akan terjadi kemungkinan bahwa
manusia-individual ataupun kolektif-tidak dikontrol oleh diri kita sendiri
ataupun orang di sekitar kita.
Hal ini dapat menyebabkan komputer
bertabrakan dengan nilai dasar manusia dan konsep manusia seperti wilayah
pribadi, masyarakat, identitas, kebebasan, persepsi, kecerdasan, dan privasi.
Abigail Sellen, peneliti senior di Microsoft Corp mengatakan bahwa komputer
telah membentuk banyak aspek di dunia modern dimana kita ingin menelusuri
kemunculan teknologi saat ini yang mungkin membentuk kehidupan kita di 2020.
Selain itu, dia mengatakan bahwa
komputasi memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupan jutaan manusia di
dunia. Dia percaya jika teknologi benar-benar membawa keuntungan untuk umat
manusia, maka nilai manusia dan pengaruh teknologi harus dipertimbangkan segera
pada proses desain teknologi. Maka, rekomendasi untuk Microsoft Corp adalah
dengan IMK 2020 dapat mendesain dan mendukung nilai manusia, tidak tergantung
pada cara yang bernilai ekonomi untuk mendapatkan nilai tersebut.
Microsoft telah memperhatikan masa depan
IMK dan interface grafis berulang-ulang pada Windows OS, sampai 2020.
Dijadwalkan tersedia pada 2010, Windows 7 (versi setelah Windows Vista) menuju
ke peningkatan peran, dalam pandangan perusahaan Redmond, yaitu natural user
interface pada level desktop, notebook, tabletop surface computer, tablet PC,
dll. Tanpa ragu-ragu, GUI yang ditawarkan komputer dan OS sekarang tidak akan
terpakai lagi di tahun2020.
Perhatian telah beralih pada
multi-touch, gerakan, pengenalan objek, speech dan bahkan antarmuka
otak-komputer. Semua itu dipayungi oleh natural user interfaces, suatu bagian
yang menjadi fokus Bill Gates.
E.
DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi komputer dapat
menyelesaikan pekerjaan dengan lebih akurat, cepat, murah, aman, efisien,
efektif, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Itulah kecanggihan teknologi
yang dapat kita rasakan. Teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer telah
banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan misalnya di bidang pendidikan,
industri, kesehatan, transportasi, dan sebagainya.
Teknologi informasi dapat
didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan,
menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk
media dan format (image, suara, text, motion pictures). Dari pengalaman dan
pengamatan, tahapan pemanfaatan teknologi informasi dimulai pada saat teknologi
informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan
metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus,
tipe-x, proses editing, dan sebagainya cenderung tidak efisien. Sekarang dengan
bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum
dicetak (paperless). Lebih effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Di
zaman yang canggih ini, begitu banyak peran komputer dalam membantu kita
sehari-hari. Selain memiliki manfaat yang positif, komputer juga dapat memberi
dampak negatif. Tentu saja sangat dibutuhkan kepedulian orang tua dan juga para
pendidik untuk mencegah anak dari dampak negatif.
Pengaruh
positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak
tergantung dari pemanfaatannya dan juga pengawasan orang tua. Bila anak di
bawah umur dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa
jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila
digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik
anak.
Sebenarnya,
ketakutan akan dampak negatif yang ditimbulkan komputer tidak perlu terlalu
dikawatirkan para orang tua. Asal dapat memberikan arahan dan bimbingan
mengenai penggunaan komputer yang tepat kepada anak anda. Lalu apa saja, dampak
positif yang di hasilkan dari program aplikasi komputer :
1) Dengan
menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat
lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik
akan program tersebut, dan semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya,
perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar
membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara,
tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat
berubah-ubah warna daripada belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
2) Selain
program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk
permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan
pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu anak untuk
belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, membangkitkan semangat
kepemimpinan, dan bermain peran (role play)
3) Karena
biasa menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata
dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk
melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak-anak dapat
menjadi pandai dalam matematika lantaran sering berlatih dengan menggunakan
bantuan komputer dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
4) tidak
langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang dilatih
suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak dewasa
dan masuk dalam dunia kerja.
Setelah mengetahui manfaatnya, tentu
penting juga bagi kita untuk melihat dampak negatif apa saja yang dapat timbul
dari penggunaan komputer. Tujuannya tentu saja bukan untuk melarang anak di
bawah umur memakai komputer, melainkan sebagai acuan bagi para orang tua untuk
lebih membimbing dan mengawasi anak
menggunakan komputer. Lalu, apa yang timbul dari dampak negatif aplikasi komputer :
1. Salah
satu dampak negatif kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan elektronik
yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas tanpa
sepengetahuan orang tua. Permainan beraroma kekerasan dan agresif banyak
disinyalir oleh para pakar pendidikan sebagai pemicu munculnya
perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
2. Karena
terlalu sering bermain komputer, anak-anak dapat kehilangan waktu untuk bermain
dengan teman-temannya dan kehidupan sosialnya menjadi kurang seimbang.
3. Anak
juga dapat menjadi malas membaca buku dan menulis karena banyak waktu yang
dihabiskan di depan komputer. Prestasi di sekolah bisa menurun karena
tugas-tugas yang tidak diselesaikan.
4. Akses
negatif juga bisa didapatkan melalui internet. Mampu mengakses internet
sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak.
Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri
internet. Karena melalui internet berbagai materi bermuatan seks, kekerasan,
dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.
5. Mengingat
penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan
masa yang akan datang, anak tetap harus dikenalkan dengan komputer walaupun ada
pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkan. Yang terpenting adalah
bagaimana para pendidik dan orang tua dapat menjadikan komputer aman dan
bermanfaat bagi anak. Dan kenalkan koputer pada anak sesuai usia mereka, dan
para orang tua selalu mengawasi anak pada saat menggunakan komputer dan
mengakses internet.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Manfaat aplikasi komputer dengan beragam
cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar
video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk
mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisnis,
bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Penggunaan komputer untuk mencari
informasi di bidang Perbankan, Transportasi, Pendidikan, Komunikasi Dan
Teknologi Informasi data yang diperoleh informasi yang cepat, akurat,
informatif dan efisien.
B.
SARAN
Perlu adanya pengawasan pada program aplikasi yang
di jalankan pada komputer, di dukung dengan arahan orangtua dan pendidik.
DAFTAR PUSTAKA
http://elvin-medan.blogspot.com/2011/10/pengaruh-kejahatan-komputer-terhadap.html
http://emmieemons.blogdetik.com/2010/11/03/pengaruh-aplikasi-komputer-terhadap-masyarakat/
Metode Pengobatan Ayan Dengan Menggunakan Ganja
BalasHapusterima kasih infonya
BalasHapuskenalkan nama saya tia monika dari ISB Atmaluhur