Selasa, 15 Oktober 2013

PENGARUH APLIKASI KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT


TUGAS KELOMPOK – PENGANTAR KOMPUTER & TI 1C
PENGARUH APLIKASI KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
DISUSUN OLEH:
RIKA HAYATUN NUFUS
SUSI FEBRINA
VANNY DWI JULIANTY



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI, AKUNTANSI
JALAN MARGONDA RAYA NO. 100, DEPOK
TAHUN 2013

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kelompok ini. Tujuan dibuatnya tugas kelompok ini adalah untuk memahami pelajaran Pengantar Komputer & TI 1C. Kami berharap dengan diselesaikannya makalah ini, kami dapat mengetahui lebih dalam mengenai mata kuliah Pengantar Komputer & TI 1C, dari pengertian hingga cakupan-cakupannya.
Tugas kelompok tentang pengaruh aplikasi komputer dalam lingkungan masyarakat  ini, kami buat berdasarkan referensi dari para ahli, sehingga tugas ini benar-benar dapat dibuktikan.
Pada kesempatan ini, kami berkenan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Orang tua kami yang telah memberikan semangat dan doa kepada kami dalam menjalani pendidikan di Universitas Gunadarma.
2.      Ibu Astie atas kepercayaanya telah memberikan tugas kepada kami.
3.      Dan semua instansi yang terkait di Universitas Gunadarma yang telah membantu kami hingga terlaksanannya tugas kelompok ini.

Depok,   Oktober 2013

Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    i
Daftar Isi                                . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    ii
BAB I. PENDAHULUAN  
Latar Belakang                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    1
Tujuan Penulisan                  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    1
Metode Penulisan                  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    2
Sistematika Penulisan           . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    2
BAB II. PEMBAHASAN
Pengertian Aplikasi Komputer . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     3
Pengaruh aplikasi komputer pada masyarakat . . . . . . . . . . . . . . . . .     3
Manfaat aplikasi komputer di masyarakat . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  4
Dampak positif dan negatif aplikasi komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  5
BAB III. PENUTUP
Kesimpulan                           
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  6
Saran                                      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  6
Daftar Pustaka                      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  7





BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Penggunaan teknologi berkembang dengan cepat, sejak PC (tahun 70-an) dalam segala bidang kehidupan (seperti, pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi, terbentuk.
Dengan demikian, perkembangan teknologi tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sebelum sistem dirancang, maka terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu sendiri mengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai makhluk individu dan sosial.
Dalam bahasan kali ini akan dibahas tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang interaksi (antarmuka) terhadap sistem. Interaksi manusia-komputer memiliki fokus perhatian yang lebih luas. Selain berfokus pada rancangan antarmuka, juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.
A.    TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan dari tugas ini adalah:
1.      Menginformasikan kepada pembaca tentang pengaruh aplikasi komputer dalam kehidupan masyarakat.
2.      Macam-macam aplikasi komputer.
3.      Menjelaskan dampak positif dan negatif dari aplikasi komputer.
B.     METODE PENULISAN
Untuk memperkuat landasan teori, dalam pembuatan makalah ini, kami menggunakan metode penulisan study literatur atau penulisan dengan mencari informasi yang sesuai dengan makalah ini.  
C.    SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang penyusunan makalah,  maka disusunlah Sistematika Penulisan yang terdiri dari 3 bab yaitu:
A.    Bab I, berisi tentang PENDAHULUAN yang  terdiri dari :
a.       Latar belakang
b.      Tujuan penulisan
c.       Metode penulisan dan
d.      Sistematika penulisan.
B.     Bab II, berisi tentang TINJAUAN TEORI, yang terdiri dari:
a.       Pengertian aplikasi komputer
b.      Pengaruh aplikasi komputer pada masyarakat
c.       Manfaat aplikasi komputer di masyarakat
d.      Dampak positif dan negatif aplikasi komputer
C.     Bab III, berisi tentang PENUTUP yang terdiri dari:
a.       Kesimpulan
b.      Saran


BAB II
PEMBAHASAN
Penggunaan teknologi berkembang dengan cepat, sejak PC (tahun 70-an) dalam segala bidang kehidupan (seperti, pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi, terbentuk.
Dengan demikian, perkembangan teknologi tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sebelum sistem dirancang, maka terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu sendiri mengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai makhluk individu dan sosial.
Dalam bahasan kali ini akan dibahas tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang interaksi (antarmuka) terhadap sistem. Interaksi manusia-komputer memiliki fokus perhatian yang lebih luas. Selain berfokus pada rancangan antarmuka, juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.
A.    PENGERTIAN APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah.  Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat lunak aplikasiadalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

B.      PENGARUH APLIKASI KOMPUTER PADA MASYARAKAT
Aplikasi social dari komputer termasuk menggunakan komputer dalam memecahkan masalah sosial seperti masalah kejahatan. Dampak social ekonomidari komputer memberikan pengaruh dari masyarakat termasuk dari penggunakan komputer. Contoh komputerisasi proses produksi memiliki dampak negatif seperti berkurangnya lahan kerja bagi manusia. Hal ini disebabkan karena pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh komputer. Dampak positifnya yaitu konsumen diuntungkan dengan hasil produk yang berkualitas dan memiliki harga yang lebih murah.
a.       Aplikasi komputer didalam masyarakat:
Komputer memiliki banyak dampak yang menguntungkan dalam masyarakat ketika digunakan untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan dan social. Aplikasi social yang dapat digunakan dalam komputer seperti diagnosa kedokteran, CAT, rencana program pemerintahan, kontrol kualitas dan pelaksanaan undang-undang. Komputer bias digunakan untuk mengontrol kejahatan melalui bermacam-macam pelaksanaan undang-undang atau hokum yang mengizinkan penegak hokum untuk mengidentifikasi dan bertindak cepatuntuk bukti dari kejahatan. Komputer juga digunakan untuk memantau tingkat polusi udara dan air.
b.      Pengaruh komputer pada pekerjaan dan hasil produksi:
Pengaruh komputer pada pekerjaan dan halis produksi secara langsung dapat dilihat pada penggunaan komputer untuk otomatisasi aktif. Tidak ada keraguan bahwa penggunaan komputer telah menghasilkan pekerjaan baru dan menambah hasil produksi, dsementera itu dilain pihak mengurai kesempatan kerja yang menyebabkan banyaknya pengangguran. Para pekerja yang dibutuhkan biasnya harus memiliki keahlian analisis system, program komputer dan menjalankan komputer.
c.       Pengaruh pada persaingan:
Komputer mengizinkan perusahaan besar untuk menjadi lebih efisien atau strategi memperoleh keuntungan dari pesaing. Hal ini bias memiliki beberapa dampakanti persaingan. Bisnis perusahaan kecil yang bias bertahan dikarenakan ketidak efisienan dari perusahaan besarapakah sekarang dikendalikan atau diserap oleh perusahaan besar.
d.      Pengaruh pada kualitas hidup
Komputer hanyalah sebagian yang bertanggung jawab sebagai standar hidup yang tinggi dan pertambahan waktu luang untuk waktu orang yang santai. Komputer dapat menjadi peningkatan dalam kualitas hidup karena mereka dapat meningkatkan kondisi kualitas pekerjaan dan kandungan aktivitas kerja.
e.       Pengaruh pada kebebasan
Informasi rahasia yang dimiliki seseorang didalam pusat data komputer pemerintah, dan bisnis pribadi perwakilan. Perusahaan dapat terjadi penyalah gunaan dan ketidak adilan lainnya. Akibat dari pelanggaran tyerhadap kebebasan.

C.    MANFAAT APLIKASI KOMPUTER DI MASYARAKAT
Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia. Aplikasi komputer memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menuntut kita menjadi lebih baik.
Aplikasi komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung, tapi seiring perkembangan zaman, komputer mulai di sempurnakan dengan berbagai aplikasi dan program-program pendukung untuk membantu pekerjaan di masyarakat. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat pada contoh berikut ini :
1.      Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip di kantor.
2.      Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3D (3dimensi).
3.      Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan.
4.      Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
5.      Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
6.      Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
7.      Penggunaan komputer dalam bidang industri.
8.      Pemanfaatan komputer dalam bidang perbankan.
9.      Pemanfaatan komputer dalam bidang transportasi.
10.  Pemanfaatan komputer dalam bidang pendidikan.
11.  Pemanfaatan komputer dalam bidang komunikasi.
12.  Pemanfaatan komputer dalam bidang teknik dan teknologi.

D.    ASPEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
1.      Interaksi Manusia-Komputer (IMK) pada Perkembangan Teknologi Komputer:
Pertumbuhan teknologi komputer tidak boleh memiliki pengaruh negatif terhadap nilai dasar manusia (Universitas Nottingham). Kemajuan antarmuka dan teknik lain dari pengontrolan komputer (seperti dengan menggunakan joystick dan fingertip) mendukung peran keyboard dan mouse tradisional.
IMK harus dipastikan bahwa kita (manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat keputusan. Maka dari itu, Being Human menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020. Hal ini dilaporkan secara detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan Microsoft, yang dihadiri oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia. Pada 2020, kita masih dapat membaca koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau majalah tersebut akan didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui layar yang dapat dilipat dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian kita dapat menunjukkan diagnosa kesehatan kita.Namun, penting sekali dimana kita harus mengkombinasikan inovasi dengan pemahaman tentang pengaruhnya terhadap manusia. Tanpa pengawasan dan penilaian yang benar, maka akan terjadi kemungkinan bahwa manusia-individual ataupun kolektif-tidak dikontrol oleh diri kita sendiri ataupun orang di sekitar kita.
Hal ini dapat menyebabkan komputer bertabrakan dengan nilai dasar manusia dan konsep manusia seperti wilayah pribadi, masyarakat, identitas, kebebasan, persepsi, kecerdasan, dan privasi. Abigail Sellen, peneliti senior di Microsoft Corp mengatakan bahwa komputer telah membentuk banyak aspek di dunia modern dimana kita ingin menelusuri kemunculan teknologi saat ini yang mungkin membentuk kehidupan kita di 2020.
Selain itu, dia mengatakan bahwa komputasi memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupan jutaan manusia di dunia. Dia percaya jika teknologi benar-benar membawa keuntungan untuk umat manusia, maka nilai manusia dan pengaruh teknologi harus dipertimbangkan segera pada proses desain teknologi. Maka, rekomendasi untuk Microsoft Corp adalah dengan IMK 2020 dapat mendesain dan mendukung nilai manusia, tidak tergantung pada cara yang bernilai ekonomi untuk mendapatkan nilai tersebut.
Microsoft telah memperhatikan masa depan IMK dan interface grafis berulang-ulang pada Windows OS, sampai 2020. Dijadwalkan tersedia pada 2010, Windows 7 (versi setelah Windows Vista) menuju ke peningkatan peran, dalam pandangan perusahaan Redmond, yaitu natural user interface pada level desktop, notebook, tabletop surface computer, tablet PC, dll. Tanpa ragu-ragu, GUI yang ditawarkan komputer dan OS sekarang tidak akan terpakai lagi di tahun2020.
Perhatian telah beralih pada multi-touch, gerakan, pengenalan objek, speech dan bahkan antarmuka otak-komputer. Semua itu dipayungi oleh natural user interfaces, suatu bagian yang menjadi fokus Bill Gates.

E.     DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi komputer dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih akurat, cepat, murah, aman, efisien, efektif, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Itulah kecanggihan teknologi yang dapat kita rasakan. Teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan misalnya di bidang pendidikan, industri, kesehatan, transportasi, dan sebagainya.
Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format (image, suara, text, motion pictures). Dari pengalaman dan pengamatan, tahapan pemanfaatan teknologi informasi dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, proses editing, dan sebagainya cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless). Lebih effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Di zaman yang canggih ini, begitu banyak peran komputer dalam membantu kita sehari-hari. Selain memiliki manfaat yang positif, komputer juga dapat memberi dampak negatif. Tentu saja sangat dibutuhkan kepedulian orang tua dan juga para pendidik untuk mencegah anak dari dampak negatif.
Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya dan juga pengawasan orang tua. Bila anak di bawah umur dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Sebenarnya, ketakutan akan dampak negatif yang ditimbulkan komputer tidak perlu terlalu dikawatirkan para orang tua. Asal dapat memberikan arahan dan bimbingan mengenai penggunaan komputer yang tepat kepada anak anda. Lalu apa saja, dampak positif yang di hasilkan dari program aplikasi komputer :
1)      Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik akan program tersebut, dan semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
2)      Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play)
3)      Karena biasa menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai dalam matematika lantaran sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
4)      tidak langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang dilatih suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak dewasa dan masuk dalam dunia kerja.
Setelah mengetahui manfaatnya, tentu penting juga bagi kita untuk melihat dampak negatif apa saja yang dapat timbul dari penggunaan komputer. Tujuannya tentu saja bukan untuk melarang anak di bawah umur memakai komputer, melainkan sebagai acuan bagi para orang tua untuk lebih  membimbing dan mengawasi anak menggunakan komputer. Lalu, apa yang timbul dari dampak negatif  aplikasi komputer :
1.      Salah satu dampak negatif kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan elektronik yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas tanpa sepengetahuan orang tua. Permainan beraroma kekerasan dan agresif banyak disinyalir oleh para pakar pendidikan sebagai pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
2.      Karena terlalu sering bermain komputer, anak-anak dapat kehilangan waktu untuk bermain dengan teman-temannya dan kehidupan sosialnya menjadi kurang seimbang.
3.      Anak juga dapat menjadi malas membaca buku dan menulis karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer. Prestasi di sekolah bisa menurun karena tugas-tugas yang tidak diselesaikan.
4.      Akses negatif juga bisa didapatkan melalui internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Karena melalui internet berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.
5.      Mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang, anak tetap harus dikenalkan dengan komputer walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkan. Yang terpenting adalah bagaimana para pendidik dan orang tua dapat menjadikan komputer aman dan bermanfaat bagi anak. Dan kenalkan koputer pada anak sesuai usia mereka, dan para orang tua selalu mengawasi anak pada saat menggunakan komputer dan mengakses internet.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Manfaat aplikasi komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisnis, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Penggunaan komputer untuk mencari informasi di bidang Perbankan, Transportasi, Pendidikan, Komunikasi Dan Teknologi Informasi data yang diperoleh informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.

B.     SARAN
Perlu adanya pengawasan pada program aplikasi yang di jalankan pada komputer, di dukung dengan arahan orangtua dan pendidik.





DAFTAR PUSTAKA

http://elvin-medan.blogspot.com/2011/10/pengaruh-kejahatan-komputer-terhadap.html
http://emmieemons.blogdetik.com/2010/11/03/pengaruh-aplikasi-komputer-terhadap-masyarakat/

2 komentar: